Selasa, 02 Desember 2014

Save Earth Right Now !

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan mengenai perubahan iklim adalah dengan mendukung kampanye perubahan iklim dari organisasi hijau setempat seperti kampanye perubahan iklim Sahabat-Sahabat Bumi, ‘The Big Ask’. Kampanye ‘The Big Ask’ menuntut adanya undang-undang perubahan iklim yang kuat yang mengurangi emisi karbon Inggris dari tahun ke tahun. Tahun lalu lebih dari 130.000 orang mendukung kami. Hasilnya? Di bulan Maret Pemerintah menerbitkan rancangan undang-undang Iklim.

Menjadi vegetarian atau vegan adalah satu-satunya gerakan paling hijau yang bisa dilakukan seseorang*

Menurut laporan yang baru diterbitkan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB, sektor peternakan menghasilkan emisi gas rumah kaca - 18 persen – jika diukur berdasarkan perbandingan CO2, jumlah ini lebih banyak daripada seluruh transportasi di dunia. Penyebab utama di balik pemanasan global adalah konsumsi daging merah kita.

Produksi daging membutuhkan air, biji-bijian, tanah, dan lainnya dalam jumlah besar termasuk hormon dan antibiotik, serta menyebabkan polusi tanah, udara, dan air. Untuk menghasilkan satu pon daging sapi membutuhkan sekitar 12.000 galon air, bandingkan dengan 60 galon air untuk satu pon kentang. Jika Anda seorang pemakan daging, untuk pemula, cobalah tidak makan daging sekali dalam seminggu. Menjadi vegetarian atau vegan merupakan pilihan yang sangat berarti bagi lingkungan.

Berkendaraan

Angkutan darat bertanggung jawab atas seperempat emisi CO2 di Inggris – dan ini diramalkan akan meningkat di masa depan. Dalam 30 tahun terakhir lalu lintas di jalan-jalan kita telah menjadi lebih dari dua kali lipat.

1. Perlukah Anda mengantar anak Anda ke sekolah? Berbagi rute sekolah dengan sekelompok orang tua adalah cara terbaik untuk mengurangi kemacaten parah, mengurangi emisi, dan menghemat pengeluaran bensin Anda. Berbagi tumpangan membantu Anda menemukan orang tua lain yang bisa diajak berbagi rute sekolah: www.school-run.org – atau hubungi kepala sekolah anak Anda atau PTA untuk meminta mereka mengatur jadwal. Sustrans juga menyediakan banyak informasi tentang rencana perjalanan sekolah: www.saferoutestoschools.org.uk/

2. Jangan Mengemudi ke pub – Liburlah satu hari atau paling tidak berjalan kakilah. Sustrans: www.sustrans.org.uk

3.Berikan mobil Anda waktu liburan! Apakah Anda bisa melakukan perjalanan Anda ke tempat kerja dengan berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transportasi umum untuk beberapa hari setiap minggu? Transport Direct memiliki informasi transportasi umum di: www.transportdirect.org.uk Organisasi pengendara sepeda nasional (CTC) memiliki informasi lengkap tentang rute bersepeda di daerah Anda: www.ctc.org.uk

4.Kecil itu indah. Jika Anda harus mengemudi, sebuah mobil yang kecil dan hemat bahan bakar akan menghasilkan polusi emisi yang lebih sedikit daripada sebuah mobil 4 x 4 yang boros bensin –  dan juga ia lebih mudah dikendarai dengan cepat. Berhati-hatilah karena meski mobil berbahan bakar diesel cenderung menghasilkan lebih sedikit CO2, tapi mobil ini menghasilkan lebih banyak polusi lain yang memperburuk penyakit asma dan masalah kesehatan lainnya. Bandingkanlah emisi gas CO2 dalam berbagai macam mobil di VCA: www.vca.gov.uk

5. Gantilah bahan bakar Anda. Berbagai jenis mobil sekarang bisa menggunakan bahan bakar bio dengan sedikit atau tanpa harus mengganti mesin. Bahan bakar bio diproduksi dari biji-bijian, minyak lobak atau gula bit, dan dengan menggunakan bahan bakar bio ini akan menghasilkan emisi yang lebih rendah. Tanyalah bengkel Anda atau carilah pompa bensin yang sudah menjualnya - di Inggris sudah ada 150 buah pompa bensin dan akan terus bertambah lagi. Silakan kunjungi: www.biodieselfillingstations.co.uk

6. Jagalah ban mobil Anda agar selalu penuh udara. Diperkirakan bahwa jika ban mobil berisi kurang udara di atas 80%, dapat membuat mobil lebih boros bensin, dan emisinya akan naik hingga 5% (Carplus: http://www.carplus.org.uk/carplus/Winter0405/Ecodriving.htm) – dan juga dapat mempercepat kerusakan ban dan mesin kendaraan.

7. Mengapa Anda tidak menyewa mobil saja ketika Anda membutuhkannya dari pada membelinya? Smartmoves memiliki daftar tempat-tempat penyewaan mobil di: www.smartmoves.co.uk

8. Ide lainnya adalah berbagi. Liftshare mengatur perencanaan berbagi mobil, dan charity Carplus mempromosikan penggunaan mobil dengan sistem penyewaan atau bisa ditambah dengan perencanaan berbagi mobil. Atau, Anda dapat meminta atasan Anda untuk melakukan sesuatu dalam mengurangi penggunaan mobil, seperti menyediakan payung ketika hujan bagi para pengendara sepeda atau menyediakan tumpangan minibus ke stasiun terdekat. Liftshare: www.liftshare.org; Carplus: www.carplus.org.uk

9. Mengemudilah dengan jendela tertutup. Hal ini dapat mengurangi hambatan udara sehingga dapat menambah efisiensi pemakaian bahan bakar dan mengurangi emisi mobil Anda. Hambatan juga dapat dikurangi dengan menurunkan barang-barang berat di dalam mobil dan rak pengangkut di atas kap mobil Anda ketika Anda tidak membutuhnya. (Badan Keamanan Negara AS: http://www.nsc.org/ehc/mobile/refuelin.htm; Kantor Perlindungan Lingkungan AS: http://www.epa.gov/otaq/consumer/18-youdo.pdf).

10. Matikan mesin mobil ketika Anda akan berhenti lebih dari dua menit. Berhenti dengan lama dan mesin mobil tetap menyala akan membakar bahan bakar lebih banyak dari pada menghidupkan mesin kembali. (Asosiasi Angkutan Lingkungan http://www.eta.co.uk/greentips/duringjourney.asp).

11. Ubahlah cara mengemudi Anda. Memindahkan gigi pada kecepatan yang lebih tepat dapat mengurangi pemakaian bahan bakar hingga 15%. Ketika Anda mendekati lampu lalu lintas, melambatkan laju mobil secara bertahap akan lebih baik daripada terus melaju dengan kecepatan yang sama dan mengerem dengan mendadak, melaju dengan cepat dan mengerem mendadak akan menggunakan bahan bakar hingga 30% lebih banyak dan dapat mengakibatkan kerusakan ban dan mesin kendaraan. Dan jika melaju dengan terlalu cepat akan menggunakan bahan bakar hingga 60% lebih banyak. (RAC: www.racfoundation.org).

12. Jangan menggunakan mobil untuk jarak dekat. Mesin mobil yang dingin menggunakan hampir dua kali lipat bahan bakar daripada mesin yang lebih panas. Berjalan kaki di udara segar ke toko-toko terdekat, itu baik untuk kesehatan Anda!

Berpergian ke Mancanegara

Pesawat terbang adalah kontributor yang besar dalam perubahan iklim. Jumlah penumpang akan meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun 2030, dan emisi dari pesawat terbang akan menyebabkan lebih dari sepersepuluh kenaikan emisi gas di Inggris pada tahun 2020. Mengurangi penerbangan Anda dan keluarga Anda akan banyak mengurangi jejak karbon Anda.

13. Liburan di dalam negeri. Biaya bepergian dengan pesawat terbang mungkin terasa murah, tapi jika Anda menjumlahkannya dengan pajak dan biaya perjalanan ke bandara, biayanya sering lebih mahal dibanding biaya perjalanan dengan kereta ke tempat liburan Anda. Dan itu belum ditambah lagi dengan emisi yang telah Anda hasilkan – sekali perjalanan – pulang pergi dengan pesawat terbang dapat memproduksi lebih banyak emisi gas karbon dioksida dari setiap penumpang dibanding rata-rata emisi gas dari pengendara motor dalam satu tahun di Inggris. (Pusat Perlindungan Energi dan Teknologi Lingkungan Belanda/DETR) Atau, jika Anda akan pergi berlibur, cobalah menggunakan jasa angkutan kereta.

14. Sewalah sepeda sebagai ganti mobil jika Anda akan berjalan-jalan ke daerah terdekat. Ini tidak hanya akan menghemat emisinya, tapi juga akan menghemat uang Anda – dan membantu menghabiskan hari libur Anda. Pusat Informasi Perjalanan Lokal akan bersedia memberi Anda informasi tentang cara-cara penyewaan sepeda.

15. Mengurangi perjalanan bisnis. Apakah Anda benar-benar harus bepergian untuk menemui rekan kerja Anda? Bisakah Anda menggunakan telepon atau konferensi video? Dan jika Anda benar-benar harus bepergian, gunakanlah kereta bukannya mobil atau pesawat terbang – dan juga selama dalam perjalanan, Anda dapat mengerjakan beberapa pekerjaan Anda. Anda dapat menemukan cara-cara alternatif untuk bepergian di: www.seat61.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar